GOLD PRICE IS IN YOUR HAND!!

Unduh gratis aplikasi pemantau harga emas kami, untuk pengguna BlackBerry klik http://www.salmadinar.com/ota dan pengguna Android klik http://www.salmadinar.com/android langsung dari device Anda

24hr Gold Dinar Chart

24hr Gold Dinar Chart

Kamis, 20 Agustus 2009

Khutbah Rasulullah SAW Menjelang Ramadhan


Sesudah menerima perintah ibadah shaum Ramadhan, Rasulullah saw berkhutbah di akhir bulan sya’ban kepada para sahabat-sahabatnya.
Rasulullah saw bersabda, “Wahai manusia kalian akan dinaungi oleh bulan yang agung dan diberkahi. Bulan yang di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang Allah jadikan shaum di siang harinya sebagai kewajiban dan qiyamu lail (ibadah sholat malam) pada malam harinya sebagai sunnah.

Barangsiapa yang mendekatkan dirinya dengan ibadah sunnah dalam bulan itu, maka ia seperti mengerjakan ibadah fardhu dibulan lainnya, dan barangsiapa yang mengerjakan ibadah fardhu pada bulan itu, maka ia seperti mengerjakan 70 ibadah fardhu pada bulan lainnya.
Bulan itu adalah bulan penuh kesabaran, dan balasan sabar adalah surga. Bulan penuh dengan tolong menolong. Bulan ditambahkannya rezeki orang mukmin. Barangsiapa memberi makan kepada orang yang bershaum, maka pemberian tersebut merupakan ampunan atas segala dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka, dan dia akan mendapat pahala seperti orang yang bershaum, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang diberinya makan itu.

Para sahabat Nabi bertanya, “Ya Rasulullah, masalahnya tidak setiap kami bisa memberi makan kepada orang yang bershaum.” Rasulullah menjawab, “Allah akan memberi pahala ini bagi orang yang memberi makan meski hanya beberapa butir kurma, air putih atau seduan susu.”
Ramadhan adalah bulan yang permulaannya terdapat rahmat, pertengahannya terdapat maghfirah (ampunan) dan penghujungnya terdapat pembebasan dari api neraka.

Barangsiapa memberikan keringanan kepada budaknya pada bulan tersebut, maka Allah akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka.

Perbanyaklah empat hal dalam bulan tersebut: dua hal yang dengannya engkau ridha terhadap Rabb mu, dan dua hal yang sangat engkau butuhkan dari Rabb mu. Dua hal yang dengannya engkau ridha terhadap Rabb mu adalah bersyahadat bahwa tidak ada Tuhan selain Allah (memurnikan aqidah) dan memohon ampunan-Nya. Dua hal yang sangat engkau butuhkan adalah engkau memohon surga kepada Allah dan memohon dilindungi-Nya dari neraka.

Barangsiapa memberikan minuman kepada orang yang bershaum, maka Allah akan memberinya minuman dari telagaku kelak di padang mahsyar, yang siapa meminumnya tidak akan kehausan sehingga ia masuk ke surga

(HR Bukhari, hadits ini berasal dari Salman Al Farisy ra)

Wallahu’alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment