GOLD PRICE IS IN YOUR HAND!!

Unduh gratis aplikasi pemantau harga emas kami, untuk pengguna BlackBerry klik http://www.salmadinar.com/ota dan pengguna Android klik http://www.salmadinar.com/android langsung dari device Anda

24hr Gold Dinar Chart

24hr Gold Dinar Chart

Selasa, 09 Februari 2010

Catatan 'Emas' Ekonomi Islam


Ketika kita mencita-citakan tegaknya ekonomi Islam yang adil dan mensejahterakan dunia, bukan hanya pemeluknya, kita tidak sedang bermimpi . Segala sejarah kejayaan dan jejak keagungan Islam mudah sekali digali dan dipelajari.

Kitab-kitab masih menyimpan metode dan langkah menuju kejayaan itu. Benda-benda masih tersedia, tegak berdiri siap untuk bercerita pada kita.
Dan globalisasi nilai-nilai ekonomi Islam itu harus diawali dari cara pandang meng-internasional pada diri setiap muslim.

Dalam Islam, globalisasi merupakan bagian integral dari konsep universalitas Islam. Rasulullah SAW telah menjadi pedagang internasional sejak 12 tahun, beliau ikut pamannya melakukan perjalanan bisnis ke Syam (sekarang Suriah) dan sejak umur 16 tahun beliau ke Yaman, Suriah dan beberapa Negara teluk sekarang. Kontak dagang dengan Cina, India, Persia dan Romawi telah marak. Bahkan setelah Khulafaur Rasyidin, sekitar abad ke-8, para pedagang Islam telah mencapai Eropa Utara.

Dan tahukah Anda beberapa rekaman sejarah yang ‘ringan’ ini :
- Pada tahun 774, Inggris menggunakan mata uang pertamanya yang merupakan jiplakan langsung dari Dinar Islam lengkap dengan tulisan LAA ILAAHA ILLALLAH, MUHAMMAD RASULULLAH, kecuali ada tulisan OFFA REX pada satu sisinya. Waktu itu Inggris dipimpin Raja Offa.
- Adam Smith menulis di bukunya yang jadi legenda “The Wealth of Nation”, dalam jilid ke-5 bab pertama, ia membandingkan masyarakat ekonomi terbelakang dan masyarakat ekonomi maju. Yang terbelakang adalah yang mata pencahariannya berburu dan ini diwakili contohnya oleh masyarakat Indian di Amerika Utara. Dan masyarakat yang ekonominya maju adalah pedangan dan penggembala dari bangsa Arab dan Tartar. Siapa yang disebut masyarakat Arab disini ? Dia menulis dengan jelas “MAHOMET AND HIS IMMEDIATE SUCCESSORS” atau maksudnya adalah Muhammad SAW dan para Khulafaur Rasyidin
- Pada abad ke-11 dan 12, mahasiswa Eropa berbondong-bondong belajar ke negara Islam untuk belajar bagaimana “MAHOMET AND HIS IMMEDIATE SUCCESSORS” itu menjalankan ekonomi. Dan bukankah COLLEGE berasal dari kata KULLIYAH ? Demikian juga CREDIT berasal dari CREDO, yang berasal dari kata QARD dalam Bahasa Arab berarti “meminjamkan uang atas dasar kepercayaan”.
- Salah satu bank terbesar di Inggri “Abbey National Bank” adalah berasal dari pengaruh Bahasa Arab. Pada saat Perang Salib berkecamuk, Robin Hood, kerabat dekat Raja Richard, sebagai tawanan diantar kembali ke Inggris oleh prajurit muslim yang kemudian menetap disana, dan dikenal dengan panggilan “ABI”

Demikian secara singkat. Fakta lain masih banyak sekali, tidak hanya mengenai bahasa, tapi konsep dan metodologi pun adalah bukti ‘emas’ Islam dalam peradaban manusia.

*) dicuplik sebagiannya dari “Ekonomi Islam, Suatu Kajian Kontemporer”, Adiwarman Karim

Allahua’lam bisshawab.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment