GOLD PRICE IS IN YOUR HAND!!

Unduh gratis aplikasi pemantau harga emas kami, untuk pengguna BlackBerry klik http://www.salmadinar.com/ota dan pengguna Android klik http://www.salmadinar.com/android langsung dari device Anda

24hr Gold Dinar Chart

24hr Gold Dinar Chart

Minggu, 01 November 2009

Pertolongan Allah Pasti Datang


Selama 21 tahun berjuang berusaha menyebarkan Islam di tanah Arab, baik 13 tahun masa penyebaran secara sembunyi-sembunyi di Makkah sebelum hijrah, ataupun 8 tahun di Madinah sebelum menaklukkan Makkah, kerap sekali membuat Rasulullah saw beserta para pengikut-pengikut setianya (para sahabat) berkecil hati, sedih, ragu-ragu, dan kurang yakin akan datang masa kemenangan Islam, meskipun hal itu tidak terucap langsung dari perkataan, tapi dari air muka atau yang tergubris dihati mereka Allah Maha Tahu. Hal ini disebabkan karena sedemikian hebatnya penderitaan mereka selama perjuangan tersebut yang mengorbankan harta, darah dan bahkan nyawa mereka sendiri, namun kemenangan dan pertolongan Allah belum juga menjelang sebagaimana yang dijanjikan Allah: “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu

Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah". Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (QS. 2:214). Sampai Rasulullah saw sendiri dan sahabatnya selalu bertanya didalamhati mereka, kapan hari yang dijanjikan itu akan terwujud.

Akhirnya memang terwujud apa yang dijanjikan Allah swt, karena Allah swt tak pernah mengingkari janjinya tapi hanya menunggu waktunya saja akan dikabulkan, dan jatuhlah kota Makkah ketangan kaum Muslimin yang mana penduduk Makkah takluk kepadanya dan tidak melawan. Runtuhlah segala kedaulatan berhala yang selama ini tegak di kota Makkah dengan masuknya sekitar 12.000 tentara Muslimin dan hancurlah berhala-berhala yang bertebaran disekeliling Ka’bah yang biasanya disembah oleh penduduk Makkah selama ini. Dan merekapun berbondong-bondong datang kepada Rasulullah saw untuk datang menyatakan diri mereka mulai saat itu mengakui Islam sebagai agama mereka dengan mengucapkan kalimah Syahadat. Demikian yang diterangkan Allah swt: “Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, (QS. 110:1-2). Allah swt melanjutkan di ayat berikutnya dengan memberi peringatan kepada kaum Muslimin untuk tidak mabuk kemenangan tetapi hendaklah bersyukur memuji Allah swt. “maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. (QS. 110:3).

Nach.. dengan kemenangan yang diraih oleh kaum Muslimin ini hendaklah mereka tidak mabuk dengan kemenangan, tidak takabbur dan lupa diri, karena sesungguhnya kemenangan itu hanya datang dari Allah. Kemenangan itu bukan hasil tenaga mereka tetapi adalah kekuatan Allah melalui tangan-tangan mereka. Dan semua itu semata-mata karunia Allah untuk mereka. Dan justru hendaknya mereka lebih merendahkan diri dan hanya mengakui kebesaran Allah dan kesucianNya. Hendaknyalah mereka isi kegembiraan mereka itu dengan bertasbih, bertahmid, bertahlil serta puji-pujian yang tidak putus-putus sebagai rasa syukur atas segala karunia yang diberikanNya itu. Dan di akhir ayat, Allah memerintahkan mereka untuk membersihkan hati mereka kembali dari prasangka-prasangka yang kurang baik kepada Allah swt selama ini, dan kembali mempertautkan rasa kasih dan mesra kepada Sang Pemberi Kemenangan tersebut yang lebih dari pada sebelumnya, dan taubat dari pada kegoncangan fikiran dan keragu-raguan yang mendatang dalam hati mereka yaitu lebih dengan menyempurnakan kepercayaan kepada Allah.

Hikmah yang terkandung dalam Surah An-Nashr ini sangatlah dalam yakni memperkuat keyakinan kita sebagai seorang muslim bahwa pertolongan Allah swt itu pasti akan datang bagi hambanya yang berjuang di jalanNya, janganlah kita meragukannya. Dan perlu kita yakini bahwa kebenaran itu tidak pernah kalah pada kejahatan, cahaya itu tidak pernah dikalahkan oleh kegelapan walaupun itu hanya setitik cahaya. Setelah kemenangan dicapai hendaklah kita jangan lupa diri bahwa itu semua adalah kehendak Allah swt., dan seyogyanya lah kita selalu mengagungkannya serta bersyukur dan mohon ampun atas prasangka-prasangka kita padaNya sebelumnya.

Wallahu'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment