GOLD PRICE IS IN YOUR HAND!!

Unduh gratis aplikasi pemantau harga emas kami, untuk pengguna BlackBerry klik http://www.salmadinar.com/ota dan pengguna Android klik http://www.salmadinar.com/android langsung dari device Anda

24hr Gold Dinar Chart

24hr Gold Dinar Chart

Minggu, 24 Januari 2010

SEANDAINYA UANG KITA DARI KULIT UNTA


Tahukah Anda bahwa Umar ibn Khattab RA ketika menjabat khalifah pernah mengatakan, “Aku ingin menjadikan dirham dari kulit unta.” ?

Lalu dikatakan kepadanya, “Jika demikian, unta akan habis”, maka Umar menghentikan niatnya (Al-Baladzuri, Futuh Al-Buldan, halaman 659).

Dorongan pengambilan keputusan Umar menggunakan kulit unta sebagai alat tukar ini disebabkan 4 hal sebagai berikut :

1. Relatif langka, karena unta sangat mahal bagi bangsa Arab dan tidak disembelih hingga dalam waktu paceklik
2. Kulit unta kuat bertahan hingga puluhan tahun dengan tanpa pengaruh. Kulit unta juga relative lebih tahan terhadap api, sehingga dimungkinkan tidak mudah rusak sebagai akibat peredaran
3. Dapat dipilahnya kulit unta ke unit yang kecil sehingga memudahkan penggunaannya untuk lempengan yang berbeda, baik kecil maupun besar
4. Mudah dibawa, memindahkan dan menyimpannya, sehingga bisa digunakan sebagai alat barter tanpa disertai kesulitan
(Fiqh Ekonomi Umar ibn Al-Khattab, Dr. Jaribah bin Ahmad Al-Haritsi, hal. 347)

Ketika akhirnya pilihan jatuh ke penggunaan Dinar dan Dirham sebagai alat transaki, 4 hal itu juga mendasari pengambilan keputusan Umar RA. Meskipun mengalami proses transisi dan penyesuaian dari Dinar Romawi dan Dirham Persia, emas dan perak sebagai bahan pembuat Dinar dan Dirham memiliki 4 karakteristik seluruhnya, yaitu :

1. Cadangan emas tumbuh seiring jumlah populasi manusia di dunia yaitu 1,3 – 1,5 % tahun.
2. Emas tak berkarat, tak bereaksi dengan logam apapun, serta mudah dipisahkan ketika dicampur dengan loga lain.
3. Emas mudah dipecah, dibagi, dibentuk, ditempa menjadi berbagai pecahan dan bentuk. Ukuran Dinar dan Dirham mudah sekali dilihat dari bentuk cetakannya secara signifikan. Makin besar pecahannya, makin berat dia, dan makin tebal atau makin besar cetakannya.
4. Dinar dan Dirham juga mudah disimpan, dibawa tanpa khawatir rusak. Terlebih lagi ketika teknologi berkembang saat ini, transaksi menggunakan Dinar dan Dirham sangat mungkin difasilitasi dengan E-Dinar atau M-Dinar misalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment